Selasa, 09 April 2013

Sulitnya Pengiriman Barang Cair

Saat ini ribuan toko online telah beroperasi di dunia maya, berbagai macam produk telah dijual secara online dan nampaknya akan terus berkembang. Saya sendiri bergerak di toko online variasi mobil, dengan domain www.yatoko.com Toko ini menjual berbagai peralatan variasi mobil yang sifatnya meningkatkan performa.


Saya juga menjual pelumas / oli dan anti friksi. Kedua produk ini berbentuk cairan. Karena tipenya berupa barang cair, maka cukup sulit bagi saya untuk melayani pesanan ke luar pulau, karena umumnya perusahaan ekspedisi jarnag yang mau menerima jenis kiriman ini. Produk cairan memang termasuk yang dilarang untuk dikirim melalui jalur udara, solusinya adalah melalui laut, tetapi pengiriman melalui laut sering memakan waktu yang lama dan ada kuantiti yang harus dipenuhi untuk bisa dikirim, misalnya minimal 20 kg dst. 

Masalahnya dalam penjualan online yang melayani eceran seperti toko online yang saya kelola, tidak mungkin meminta konsumen untuk membeli 12 botol misalnya, jika yang dibutuhkan hanya 1 botol, sedangakan kebijakan di toko online saya melayani semua permintaan, baik dalam kuantiti eceran atau besar.

Saya mencoba browsing melalui search engine, ternyata banyak pebisnis toko online yang mengalami kesulitan serupa. ada yang mengeluhkan mau kirim madu untuk neneknya yang ada di luar pulau Jawa, sulitnya minta ampun.

Bagi pembaca yang mungkin mengalami hal ini bisa disharekan solusinya, dan bagi perusaahan ekspedisi yang mungkin membaca tulisan di blog ini mohon diberi petunjuk bagaimana mengatasi hal ini.

Demikian curhat saya hari ini. 

4 komentar:

  1. Klo saran saya pke jasa ekspedisi darat, seperti ESL. cuma memang waktu tempuh pengiriman lebih lama dan mahal...

    BalasHapus
  2. ASIA CARGO
    Jasa Pengiriman Laut & Udara ,Servis kami :
    1.Jasa Pengiriman Domestik Via Udara
    2.Jasa Pengiriman keluar negeri Via Udara
    Info :
    Bapak Sopian
    HP : 0812 8119 5626 - 0812 1930 8119
    Whatsapp : 0838 7116 8881
    Pin BB : 550087DC

    BalasHapus
  3. JASA PENGIRIMAN DOMESTIK & LUAR NEGERI UNTUK BARANG GENCO ,LARTAS ATAU CAIRAN VIA UDARA
    KUNJUNGWI WEB KAMI :

    THANKS


    SOPIAN
    WHATSAPP : 0838 7116 8881
    WEBSITE : jasakirimbarangcair.wix.com/mysite-1

    BalasHapus
  4. Untuk pengiriman vIa udara Murah dan pengiriman cairan domestik & internasional ,
    mungkin saya bisa bantu .

    Thank’s Regard’s

    SOPIAN
    Mobile & Whatsappp : 081219308119

    BalasHapus