Kamis, 27 Desember 2012

Pakaian Untuk Pekerja Online

Pekerja online perorangan umumnya mengerjakan pekerjaannya di rumah atau bisa di tempat umum seperti mall, lobby hotel, cafe, dsb. Untuk tempat-tempat yang digunakan di luar rumah sudah pasti menggunakan pakaian yang sesuai dengan lingkungan di sekitarnya. Yang menjadi persoalan adalah model pakaian yang bagaimana yang sebaiknya kita gunakan pada waktu bekerja di rumah ?


Memang ketika kita bekerja di dalam rumah, suasana akan sangat informal, tidak ada yang melihat kita, dan tidak ada yang melihat gaya kita pada waktu bekerja, entah itu sambil tiduran, sambil duduk di sofa, kaki naik ke atas meja dan berbagai gaya lainnya. Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan seragam kerja rumah Anda.


Pakaian yang kita kenakan seringkali memberikan efek psikologis terhadap perilaku kita, seperti misalnya saya melihat seorang teman yang biasanya menggunakan jeans dan kaos oblong, membuat dia bisa tampil sangat santai dan informal, bisa "slengekan" ke sana ke mari. Tetapi suatu hari ketika dia harus bertugas sebagai penerima tamu dengan menggunakan jas, wah perilaku dan cara berbicara bisa berubah drastis, sangat formal dan terkesan diatur. Kesimpulan saya adalah bahwa pakaian menentukan mood kita dalam bekerja.

Menggunakan piyama atau daster di rumah, siapa yang melarang, tetapi sebaiknya tidak dilakukan ketika Anda ingin menjadi seorang pekerja online profesional. Mengenakan piyama atau daster menyebabkan kita merasa tidak bekerja, perasaan tidak bekerja ini membuat kita merasa menjadi orang pengangguran yang sedang melakukan sesuatu dengan komputer. Akibatnya timbul perasaan kurang menghargai profesi kita, tidak ada kebanggan menjadi seorang blogger ataupun pekerja online. Nah. sebaiknya hindari bekerja di rumah dengan pakaian tidur, pakaian berkebun, pakaian olah raga. Sebaiknya tetap bekerja seperti orang yang bekerja di sebuah institusi. Dengan jam kerja yang telah ditetapkan, dan dengan model pakaian yang memberikan penghargaan terhadap pekerjaan online kita. Tentunya tidak perlu terlalu formal, seperti pakai jas, dasi, sepatu kulit, boleh saja dicoba, tapi saya memastikan hal tersebut akan membuat Anda gerah sendiri dan tidak merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar